Tempat Wisata

Museum Kata Andrea Hirata – Obyek Wisata Pulau Belitung

Museum Kata Andrea Hirata

wisatabelitong.comKita pastinya sudah tidak asing lagi dengan sebuah film, Laskar Pelangi, yang diangkat dari sebuah karya sastra dari penulis Indonesia Andrea Hirata. Sebuah film yang mengisahkan ironi tentang fasilitas pendidikan di Desa Gantong, sekolah SD Muhammadiyah Gantong, yang reot dan hendak ditutup, hingga akhirnya mereka mendapati 10 anak yang mendaftar ke sekolah ini, akhirnya sekolah ini kembali dibuka dengan 2 orang guru dan 1 kepala sekolah. Kisah Laskar Pelangi pun diambil dari kisah pribadi Andrea Hirata sendiri pada saat ia bersekolah, menceritakan tentang keluguan anak-anak pada masa itu, perjuangan dan persahabatan tentunya, dalam novelnya Andrea Hirata sangat pandai menyisipkan komedi yang pas untuk cerita ini.

Museum Kata Andrea HirataDimulai dari kesuksesannya dari karya sastra dan film Laskar Pelangi, Andrea Hirata pun membuat Museum Kata di kampung halamannya sendiri pada tahun 2010, Museum yang berisikan berbagai literature dari berbagai macam jenisnya, mulai dari literature anak, literature film, literature seni, literature musik dan masih banyak lagi, ada banyak kata-kata mutiara yang inspiratif bertebaran di tembok-tembok museum ini. Meseum yang penuh warna ini menjadikannya sangat unik, mulai dari pintu masuk kita melihat pintu dan rumah yang di cat warna-warni bagai pelangi.

Di dalam Museum Kata juga terdapat dokumetasi dari film Laskar Pelangi

Museum Kata Andrea Hirata

berbagai foto adengan dari film Laskar Pelangi, ada juga ruangan yang diberi nama dari para tokoh Laskar Pelangi, Ruang Lintang yang berisi foto-foto dan barisan kata dari novel Laskar Pelangi, ada pula ruang Ikal dan Mahar, ruang mahar adalah yang Paling unik, Mahar adalah sosok bocah yang mengemari seni, dari seni gambar dan bernyanyi, ada banyak pajangan gambar-gambar Mahar yang unik di ruang ini. Di dalam museum ini terdapat banyak kata-kata insipiratif yang bisa kita lihat dan membuka ruang pikiran kita menjadi lebih kreatif. Di dalam Museum kata ada banyak buku yang kita bisa baca dari para penulis sastra terkenal di seluruh dunia, banyak juga pajangan  menarik  dan barang barang antik di museum ini, dengan konsep yang penuh warna inspirasi Museum Kata menjadikan Belitung sebagai tempat wisata yang menarik, Andrea juga memanfaatkan para pekerja lokal untuk mengoperasikan museum ini.

Di dalam museum ini ada sebuah Warung Kupi Kuli, tempat yang menyediakan makanan ringan lokal dan kopi yang khas, bahkan Andrea sendiri berani menjamin bahwa kopi ini ada lah kopi terenak di dunia. Museum Kata menjadi museum literature pertama di Indonesia, dan bangunan yang ia pakai adalah rumah yang sudah berusia 200 tahun. Selain potongan kisah Laskar Pelangi yang di tulis oleh Andrea Hirata, disini juga banyak kata-kata ajaib yang membuat kita lebih semangat mengejar cita-cita kita “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”.

Museum Kata Andrea Hirata

Untuk masuk ke Museum Kata dikenakan biaya masuk sebesar Rp.50.000 namun kita akan mendapatkan buku karya Andrea Hirata atau CD lagu dari OST Laskar Pelangi. Setelah puas menegelilingi gelanggang kalimat di Museum Kata, kita jga bisa berbelanja souvenir di sini. Jangan lupa ya main ke Museum Kata, di jamin tak akan menyesal.

Lokasi Museum Kata

Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur

Kami akan memberikan pelayanan terbaik kami untuk anda selama anda berwisata ke Pulau Belitung
Contact dd’zen tour and travel : 0822 8241 8755

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s